Kecepatan dan Jarak Henti Bila pengendara sepeda motor ingin menghentikan kendaraannya, pengendara menarik atau menginjak pedal rem. Tapi kendaraan pastinya tidak akan langsung berhenti namun butuh jarak lebih jauh dari titik pengendara tadi mengerem. Jarak ini disebut jarak berhenti. Jarak berhenti artinya jarak yang dibutuhkan kendaraan untuk berhenti total. (Rumus: Empty distance + Braking distance). Empty Distance Empty Distance adalah jarak saat dimana pengendara menyadari harus mengerem. Kalau diumpamakan sebagai waktu, maka empty distance berkisaran 1 detik. Braking Distance Braking Distance adalah jarak yang dibutuhkan kendaraan untuk berhenti total mulai dari pengendara mengoperasikan rem. Bila kecepatan kendaraan semakin cepat, braking distance akan semakin panjang. Berarti waktu yang dibutuhkan kendaraan untuk berhenti akan semakin lama. Selain itu braking distance juga tergantung pada kondisi permukaan jalan. Oleh karena itu pada kondisi jalan licin atau berpasirm pengendara diharap mengurangi kecepatan dan lebih berhati-hati. Jarak Berhenti Jaga jarak kendaraan anda dengan kendaraan di depan
Drum Brake Berada pada bagian roda depan atau belakang. Di dalamnya terdapat brake shoe yang akan menekan dinding drum brake bila pengendara menarik tuas rem. Tekanan pada dinding menghasilkan gaya gesek sehingga kecepatan sepeda motor berkurang. Disc Brake Pada umumnya digunakan di bagian roda depan. Di dalam struktur disc brake terdapat disc pad. Disc pad mendapat tekanan dari caliper yang terdorong karena tekanan minyak rem. Akibat tekanan ini, disc pad bergesekan denga piringan rem. Jenis Rem Sepeda Motor Disc brake terdiri dari - Master cylinder di setang - Caliper di front fork - Disc di wheel Komponen berputar bersama velg. Di dalamnya terdapat brake shoe. Semakin tinggi kecepatan, semakin besar daya tubruk yang akan diterima. Ilustrasi di bawah bisa dijadikan patokan untuk memahami hubungan kecepatan dan daya tubruk. Ilustrasi: Tabel di bawah menggambarkan daya tubruk pada kecepatan: - 60 km/jam = jatuh dari gedung lantai 5 - 70 km/jam = jatuh dari gedung lantai 7 - 90 km/jam = jatuh dari gedung lantai 10 |
Panduan Aman Berkendara Sepeda Motor Suzuki
Blog Archive
-
▼
2010
(1710)
-
▼
October
(121)
- Perawatan Busi
- Perawatan Busi
- Perawatan Busi
- Perawatan Rantai sepeda motor suzuki
- Perawatan Rantai sepeda motor suzuki
- Perawatan Rantai sepeda motor suzuki
- Ganti Motor Starter SMASH
- Ganti Motor Starter SMASH
- Ganti Motor Starter SMASH
- Tips Penggantian Oli Mesin Suzuki New Shogun 125, ...
- Tips Penggantian Oli Mesin Suzuki New Shogun 125, ...
- Tips Penggantian Oli Mesin Suzuki New Shogun 125, ...
- Panduan Aman Berkendara Sepeda Motor Suzuki
- Panduan Aman Berkendara Sepeda Motor Suzuki
- Panduan Aman Berkendara Sepeda Motor Suzuki
- Servis Karburator
- Servis Karburator
- Servis Karburator
- New Smash 110 VS Smash Titan 115
- New Smash 110 VS Smash Titan 115
- New Smash 110 VS Smash Titan 115
- Rantai Keteng Shogun 125
- Rantai Keteng Shogun 125
- Rantai Keteng Shogun 125
- Piston Smash di Spin 125
- Piston Smash di Spin 125
- Piston Smash di Spin 125
- Suzuki Spin 125
- Suzuki Spin 125
- Suzuki Spin 125
- Karburator Vakum
- Karburator Vakum
- Karburator Vakum
- accu
- accu
- accu
- Motorcycle Pictures of the Week - Bikes Only
- Motorcycle Pictures of the Week - Bikes Only
- Ducati DIAVEL
- Ducati DIAVEL
- New bikes from Kawasaki
- New bikes from Kawasaki
- Spin 125 Ganti Paha Ayam Mio
- Spin 125 Ganti Paha Ayam Mio
- Spin 125 Ganti Paha Ayam Mio
- Suzuki Spin 125 Pakem Pakai Kampas RX-King
- Suzuki Spin 125 Pakem Pakai Kampas RX-King
- Suzuki Spin 125 Pakem Pakai Kampas RX-King
- Tips & Trik Suzuki Spin 125
- Tips & Trik Suzuki Spin 125
- Tips & Trik Suzuki Spin 125
- Perawatan Fungsi Rem Belakang Suzuki Spin 125
- Perawatan Fungsi Rem Belakang Suzuki Spin 125
- Perawatan Fungsi Rem Belakang Suzuki Spin 125
- over houle over houle suzuki smas...
- over houle over houle suzuki smas...
- over houle over houle suzuki smas...
- MODIFIKASI Suzuki Spin 125 2009 | X-Treem Harian
- MODIFIKASI Suzuki Spin 125 2009 | X-Treem Harian
- MODIFIKASI Suzuki Spin 125 2009 | X-Treem Harian
- Suzuki Spin 125 Pasang Lampu Senja
- Suzuki Spin 125 Pasang Lampu Senja
- Suzuki Spin 125 Pasang Lampu Senja
- SUZUKI NEWS
- SUZUKI NEWS
- SUZUKI NEWS
- Kawasaki Recalls 2009-2010 Vulcan for ECU Problem
- Kawasaki Recalls 2009-2010 Vulcan for ECU Problem
- Motorcycle Pictures of the Week - ival
- Motorcycle Pictures of the Week - ival
- BMW Recalls 2004-2010 K1200 and K1300 Motorcycles ...
- BMW Recalls 2004-2010 K1200 and K1300 Motorcycles ...
- BMW Recalls 2007-2010 F650GS Motorcycles for Brake...
- BMW Recalls 2007-2010 F650GS Motorcycles for Brake...
- Ducati previews 2011 range
- Ducati previews 2011 range
- Yamaha launches the EC-03 electic bike
- Yamaha launches the EC-03 electic bike
- All It Takes is Motorcycle Maintenance
- All It Takes is Motorcycle Maintenance
- Bennetts Ultimate Track Day with James Toseland 2010
- Bennetts Ultimate Track Day with James Toseland 2010
- Yamaha Conceptual Super Ténéré Worldcrosser
- Yamaha Conceptual Super Ténéré Worldcrosser
- Submit Your YouTube Motorcycle Video Links
- Submit Your YouTube Motorcycle Video Links
- Motorcycle Pictures of the Week - Mick
- Motorcycle Pictures of the Week - Mick
- Ride Cadwell Park with James Toseland.
- Ride Cadwell Park with James Toseland.
- Leather VMAX!
- Leather VMAX!
- James Toseland interview
- James Toseland interview
- New Honda Motorcycle Colours for 2011
- New Honda Motorcycle Colours for 2011
- KTM INTERMOT Cologne update
- KTM INTERMOT Cologne update
- Motorcycle Pictures of the Week - Now with Bikes a...
- Motorcycle Pictures of the Week - Now with Bikes a...
-
▼
October
(121)